You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Srimulyo

Kec. Piyungan, Kab. Bantul, Prov. DI Yogyakarta

Profil Wilayah Desa


PROFIL DESA SRIMULYO

Wilayah Desa Srimulyo memiliki luas 1.456,7585 Ha yang mencakup 5,4640 ha untuk fasilitas jalan, 573,1885 untuk sawah dan ladang, 3,6065 ha untuk pemakaman, 2,5250 ha untuk industri, 5,0000 ha untuk pertokoan/perdagangan 0,2950 ha untuk perkantoran, 0,4125 ha untuk pasar desa dan 866,267 ha untuk pemukiman dan hutan. Kondisi geografis Desa Srimulyo berada pada ketinggian 110 meter di atas permukaan air laut, dengan curah hujan 2370 mm/tahun, terletak pada dataran rendah dengan suhu udara rata-rata 23-24°C . Desa Srimulyo dengan wilayahnya  yang cukup luas ini terbagi ke dalam 22 Pedukuhan dan dikepalai oleh 22 Dukuh.

Letak wilayah Desa Srimulyo sangat strategis, secara geografis Desa Srimulyo diapit dan dilewati 2 sungai besar yakni sungai Opak dan Sungai Gawe, memiliki permukaan tanah yang beragam baik tanah datar maupun tanah pegunungan. Desa Srimulyo juga di lalui oleh Jalan Raya Yogya —Wonosari yang dengan demikian lalu lintas dan transportasi sedemikian padat yang pada akhirnya Desa Srimulyo menjadi jalur alternatif dengan 3 jalur tujuan utama yakni jalur ke barat menuju Kota Yogyakarta, jalur ke utara menuju Kota Klaten, dan jalur ke timur menuju kota Wonosari.

Desa Srimulyo secara administratif berada pada wilayah Kecamatan Piyungan di Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta. Letak geografis Desa Srimulyo berada pada rentang koordinat 1100 26’ 26” BT sampai 1100 28’ 59” BT dan 70 49’ 13” LS sampai 70 52’ 34” LS. Desa Srimulyo termasuk salah satu desa yang berada di paling timur Kabupaten Bantul yang berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul. Adapun, secara administratif Desa Srimulyo memiliki batas sebagai berikut.

 Batas utara : Desa Tegal Tirto, Kabupaten Sleman dan Desa Jogo Tirto,

 Kabupaten Sleman;

 Batas selatan : Desa Wonolelo, Kabupaten Bantul; Desa Terong, Kabupaten

 Bantul; dan Desa Semoyo, Kabupaten Gunungkidul;

 Batas barat : Desa Sitimulyo, Kabupaten Bantul dan Desa Bawuran,

 Kabupaten Bantul;

 Batas timur : Desa Srimartani, Kabupaten Bantul; Desa Patuk, Kabupaten

 Gunungkidul; Desa Salam, Kabupaten Gunungkidul dan Desa

Semoyo, Kabupaten Gunungkidul.

Berdasarkan data spasial resmi dari Badan Informasi Geospasial (BIG) yang dikoreksi dengan metode participatory mapping melibatkan masing-masing Kepala Dukuh, diketahui bahwa Desa Srimulyo memiliki luasan terbesar di Kabupaten Bantul, yakni ±1.462,33 hektar yang terbagi menjadi 22 pedukuhan. Indormasi detail tentang profil Desa Srimulyo dapat diunduh pada link di bawah ini.

Bagikan artikel ini: